Wednesday, 3 April 2019

JEMBATAN








JEMBATAN

Jembatan adalah suatu struktur kontruksi yang memungkinkan route transportasi melalui sungai, danau, kali, jalan raya, jalan kereta api dan lain-lain. Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai saluran irigasi dan pembuang . Jalan ini yang melintang yang tidak sebidang dan lain-lain.
Sejarah jembatan sudah cukup tua bersamaan dengan terjadinya hubungan komunikasi / transportasi antara sesama manusia dan antara manusia dengan alam lingkungannya.
Macam dan bentuk serta bahan yang digunakan mengalami perubahan sesuai dengan kemajuan jaman dan teknologi, mulai dari yang sederhana sekali sampai pada konstruksi yang mutakhir.
Mengingat fungsi dari jembatan yaitu sebagai penghubung dua ruas jalan yang dilalui rintangan, maka jembatan dapat dikatakan merupakan bagian dari suatu jalan, baik jalan raya atau jalan kereta api. Berikut beberapa jenis jembatan :
1.Jembatan diatas sungai
2.Jembatan diatas saluran sungai irigasi/drainase
3.Jembatan diatas lembah
4.Jembatan diatas jalan yang ada /viaduct

JENIS-JENIS JEMBATAN
Secara umum, ada tiga jenis jembatan di Indonesia, yakni jembatan pendek dengan panjang tak lebih dari 100 meter, jembatan menengah dengan panjang antara 100 meter hingga 150 meter, dan jembatan khusus atau bentang panjang yang dapat mencapai 4.000 meter. Berdasarkan panjang bentangnya, jembatan dibagi menjadi:

A.      BENTANG PANJANG
jembatan bentang panjang itu adalah panjang SATU bentang jembatan dari Abutmen ke abutmen, atau Pier ke Pier, sedangkan kalo jembatan panjang itu biasanya merujuk pada total panjang jembatan ditambah dengan jalan pendekat dan lain sebagainya. Mengapa yang dibahas jembatan bentang panjang? soalnya semakin panjang bentang yang diperlukan maka semakin rumit pula struktur yang digunakan.

1.      Jembatan Sedayu Lawas

Tipe Jembatan : Concrete Arch Bridge
Panjang Bentang Tengah : 100 meter
Panjang Total : 150 meter
Lebar : 9 meter
Selesai dibangun tahun : 2010
Lokasi : Lamongan, Jawa Timur




Jembatan Sedayu Lawas berada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jembatan ini menggunakan struktur Arch Bridge dengan material utama beton. Jembatan sedayu lawas merupakan jembatan duplikasi yang dibangun untuk membantu menopang beban lalu lintas dari jembatan lama yang memang sudah berumur.

1.      Jembatan Talumolo II

Tipe Jembatan : Concrete Arc Bridge
Panjang Bentang Tengah : 100 meter
Panjang Total : 205 meter
Lebar : 9 meter
Selesai dibangun tahun : 2006
      Lokasi : Gorontalo, Gorontalo



Satu dari lima jembatan bentang panjang yang ada di Pulau Sulawesi, namanya Jembatan Talumolo II. Letaknya di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Jembatan ini memakai struktur jembatan pelengkung beton, sama seperti Jembatan Sedayu Lawas.


1.      Jembatan Tukad Bangkung

Tipe Jembatan : Concrete Box Girder
Panjang Bentang Tengah : 120 meter
Panjang Total : 360 meter
Lebar : 9,6 meter
Selesai dibangun tahun : 2006
Lokasi : Badung, Bali

Image result for tukad bangkung

Jembatan Tukad Bangkung berada di Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Tingginya mencapai 71,14 meter, menjadikannya jembatan tertinggi di Indonesia. Jembatan ini bersistem balok kotak atau box girder dengan teknologi balanced cantilever. Jembatan ini memangkas jarak yang sebelumnya harus memutar sepanjang 6 kilometer.

4. Jembatan Ponulele

Tipe Jembatan : Steel Arc Bridge
Panjang Bentang Tengah : 125 meter
Panjang Total : 300 meter
Lebar : 9 meter
Selesai dibangun tahun : 2006
Lokasi : Palu, Sulawesi Tengah

Image result for jembatan ponulele



Selain Talumolo II, ada lagi Jembatan bentang panjang di Pulau Sulewesi yakni Jembatan Palu IV atau lebih akrab disebut Jembatan Ponulele. Letaknya di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Jembatan ini berada di atas Teluk Talise. Berbeda dengan jembatan pelengkung sebelumnya, Jembatan Ponulele bersistem pelengkung dengan material utama baja.



5.Jembatan Siak III

Tipe Jembatan : Suspension Bridge
Panjang Bentang Tengah : 120 meter
Panjang Total : 520 meter
Lebar : 11 meter
Selesai dibangun tahun : 2011
Lokasi : Pekanbaru, Riau

Image result for jembatan siak 3


Jembatan Siak III terletak di Kota Pekanbaru, Riau. Jembatan ini menggunakan struktur Suspension Bridge dibantu dengan pelengkung baja sebagai struktur utama. Meskipun baru diresmikan tahun 2011, ternyata ada indikasi kerusakan sehingga di tutup oleh pemerintah setempat. Sayang sekali ya, padahal jembatan ini indah sekali dan telah menghabiskan dana miliaran rupiah untukpembangunannya.


6. Jembatan Soekarno

Tipe Jembatan : Cable Stayed Bridge
Panjang Bentang Tengah : 120 x 2 meter
Panjang Total : 1.127 meter
Lebar : 17 meter
Selesai dibangun tahun : 2015
Lokasi : Manado, Sulawesi Utara

Image result for jembatan suekarno


Nah ini nih yang pernah saya bahas di tulisan sebelumnya tentang jalan-jalan di Kota Manado, yakni Jembatan Soekarno.  Jembatan ini melintasi muara sungai Tondano sepanjang 120 meter. Strukturnya menggunakan konstruksi Cable Stayed. Tentunya bukan kabel sembarang kabel, tapi kabel baja prategang. Diresmikan tahun 2015 oleh? Hayo tebak siapa? Haha, betul Ibu Puan Maharani selaku Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia.

7. Jembatan Bojonegoro

Tipe Jembatan : Steel Arc Bridge
Panjang Bentang Tengah : 128 meter
Panjang Total : 128 meter
Lebar : 9 meter
Selesai dibangun tahun : 2007
Lokasi :   Bojonegoro, Jawa Timur


Image result for jembatan bojonegoro



Di Jawa Timur, tepatnya kota Bojonegoro ada jembatan keren selanjutnya, namanya Jembatan Bojonegoro. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2007 silam dengan menggunakan struktur Pelengkung baja.


8. Jembatan KH Noer Ali

Tipe Jembatan : Concrete Box Girder
Panjang Bentang Tengah : 130 meter
Panjang Total : 1.000 meter
Lebar : 22 meter
Selesai dibangun tahun : 2013
Lokasi :   Bekasi, Jawa Barat

Akhirnya Bekasi punya Jembatan kece, hehe. Dinamakan sebagai Jembatan KH. Noer Ali sebagai bentuk penghormatan terhadap pahlawan zaman kemerdekaan asal bekasi yang bernama KH. Noer Ali. Jembatan ini lebih dikenal dengan jembatan Summarecon, karena memang menjadi penghubung ke lokasi perumahan Summarecon Bekasi. Mirip dengan Jembatan Tukad Bangkung di Bali, Jembatan ini juga menggunakan struktur concrete Box Girder dengan teknologi balanced cantilever. Jembatan KH. Noer Ali ramai dikunjungi terutama saat car free day, banyak warga bekasi tumpah ruah di jembatan ini.

9. Jembatan Raja Mandala

Tipe Jembatan : Concrete Box Girder
Panjang Bentang Tengah : 132 meter
Panjang Total : 222 meter
Lebar : 9 meter
Selesai dibangun tahun : 1979
Lokasi :   Cianjur, Jawa Barat


Image result for jembatan raja mandala


Jembatan Raja Mandala letaknya di kota Cianjur, Jawa Barat. Meskipun sudah berumur, namun jembatan ini masih terlihat kokoh dan megah. Mengandalkan struktur concrete box girder membuat jembatan ini sanggup memikul bentah tengah sepanjang 132 meter.

10. Jembatan Rumbai Jaya

Tipe Jembatan : Steel Arch Bridge
Panjang Bentang Tengah : 150 meter
Panjang Total : 780 meter
Lebar : 7 meter
Selesai dibangun tahun : 2003
Lokasi :   Indragiri Hilir, Riau


Image result for jembatan rumbai jaya


Selain di pulau Jawa, pulau Sumatera juga menyimpan banyak jembatan bentang panjang, salah satunya Jembatan Rumbai Jaya yang berada di Kabupaten Indragiri, provinsi Riau. Dari kota Pekanbaru berjarak 7 jam perjalanan darat untuk mencapai kabupatern Indragiri. Dengan struktur pelengkung baja berwarna kuning, menjadikan jembatan ini manis untuk dipandang.

11. Jembatan Kahayan


Tipe Jembatan : Steel Arch Bridge
Panjang Bentang Tengah : 150 meter
Panjang Total : 640 meter
Lebar : 9 meter
Selesai dibangun tahun : 2001
Lokasi :   Palangkaraya, Kalimantan Tengah


Image result for jembatan kahayan


Mau tahu gudangnya jembatan bentang panjang ada di Provinsi mana? Tepat sekali, Pulau Kalimantan. Sungai-sungainya yang lebar, menjadi tuntutan untuk dibangunnya jembatan yang lebar pula. Tak terkecuali sungai Kahayan yang terletak di kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah. Guna memudahkan transportasi masyarakat kota Palangkaraya, dibangunlah Jembatan Kahayan yang selesai pada tahun 2001. Jembatan ini ditopang dengan struktur pelengkung baja berwarna oranye yang terlihat gagah dan kokoh.

12. Jembatan Merah Putih

Tipe Jembatan : Cable Stayed Bridge
Panjang Bentang Tengah : 150 meter
Panjang Total : 1140 meter
Lebar : 22,5 meter
Selesai dibangun tahun : 2016
Lokasi : Ambon, Maluku

Image result for jembatan merah putih



Indonesia bagian timur akhirnya punya Jembatan berteknologi Cable Stayed dengan panjang bentang tengah 150 meter, yakni Jembatan Merah Putih. Jembatan yang terletak di kota Ambon, provinsi Maluku ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan April 2016 silam. Jembatan ini melintasi Teluk Dalam Pulau Ambon, yang menghubungkan Desa Poka dengan Desa Galala. Dengan adanya jembatan ini, jarak tempuh Bandara Pattimura dengan pusat kota Ambon semakin berkurang.

13. Jembatan Barelang II

Tipe Jembatan : Concrete Box Girder
Panjang Bentang Tengah : 160 meter
Panjang Total : 420 meter
Lebar : 18 meter
Selesai dibangun tahun : 1999
Lokasi : Batam, Kepulauan Riau



Image result for jembatan belerang


Jembatan Barelang II merupakan satu jalur dengan Jembatan Barelang yang terkenal kemegahannya itu. Meskipun menggunakan teknologi Concrete Box Girder, namun Jembatan ini tak bisa dianggap sebelah mata karena panjang bentang tengahnya mencapai 160 meter. Jembatan Barelang II juga sering disebut Jembatan Narasinga yang menghubungkan Pulau Tonton dengan Pulau Nipah.


14. Jembatan Pasupati

Tipe Jembatan : Cable Stayed Bridge
Panjang Bentang Tengah : 161 meter
Panjang Total : 2.147 meter
Lebar : 30 meter
Selesai dibangun tahun : 2005
Lokasi : Bandung, Jawa Barat

Image result for jembatan pasupati


Bagi warga kota Bandung, provinsi Jawa Barat, mestinya mendengar Jembatan Pasupati tentu tidak asing lagi. Jembatan Pasupati ini sangat unik, bila pada jembatan bentang panjang, khususnya berteknologi cable stayed, fungsinya adalah untuk melewati sungai atau selat, tapi jembatan Pasupati berbeda. Jembatan ini melayang sejajar diatas Jalan seolah membelah pemukiman penduduk. Secara historis ternyata Jembatan Pasupati telah dirancang masterplannya oleh arsitek zaman Belanda. Dengan paduan lampu sorot pada malam hari nan indah, Jembatan Pasupati menjelma bagai perahu layar yang berada di tengah kota Bandung.


15. Jembatan Perawang

Tipe Jembatan : Concrete Box Girder
Panjang Bentang Tengah : 180 meter
Panjang Total : 1.473 meter
Lebar : 12,7 meter
Selesai dibangun tahun : 2008
Lokasi : Siak, Riau

Image result for jembatan perawang


Jembatan ini sebenarnya adalah Jembatan Maredan, namun warga sekitar menamakan sesuai nama daerahnya yakni perawang. Jembatan ini adalah jembatan berteknologi Concrete Box Girder terpanjang di Indonesia, dengan panjang bentang tengah mencapai 180 meter. Jembatan yang terletak di antara Kabupaten Siak dengan Perawang, Provinsi Riau ini selesai dibangun pada tahun 2008 silam.

Yap, kita di akhir Part1 tulisan saya tentang Jembatan bentang panjang di Indonesia dari urutan 30 sampai 16. Penjelasan ke- 15 Jembatan bentang panjang di atas belom menceritakan bentang panjang diatas 200 meter.



 A.      BENTANG PENDEK
            Contoh : jembatan kayu

Image result for jembatan kayu

Jembatan kayu merupakan jembatan sederhana yang mempunyai panjang relatif pendek dengan beban yang diterima relatif ringan. Meskipun pembuatannya menggunakan bahan utama kayu, struktur dalam perencanaan atau pembuatannya harus memperhatikan dan mempertimbangkan ilmu gaya (mekanika).



.        B. BENTANG MENENGAH
            Contoh : jembatan penyangga

Image result for jembatan penyangga




Share:

0 comments:

Post a Comment